🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

Materi #1 - Kulwap Sepekan IIP Solo Raya

🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸
IMG-20170829-WA0049.jpg
πŸŽ“ Narasumber : Ir. Rahayu Wijayanti
(Konsultan PAUD PT Tiga Raksa)
πŸŽ™Host : Ken Eka
(Alumni Matrikulasi Institut Ibu Profesional - Batch III)
πŸ“ Notulen : Hilma Utami
(Admin IIP Solo Raya & Alumni Matrikulasi Institut Ibu Profesional - Batch II)
πŸŽ™Relayer : Saroh Darojah
(Admin IIP Solo Raya - Alumni Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch II)

πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„

"Why Reading Matters in Early Years"

πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„πŸ“’πŸ“„
WhatsApp Image 2017-09-18 at 09.00.37.jpeg
Dear Ayah Bunda,
Sebelumnya, terimakasih utk komitment ayah bunda yang luar biasa.Perkembangan teknologi, memudahkan kita utk belajar dan berkumpul, sharing bersama seperti sekarang ini.
Mari kita mulai kulwap malam ini dengan pertanyaan :
Kenapa sih Tahun-tahun Awal pada kehidupan seorang  anak itu penting?
"Tahun - tahun yang paling berdampak pada kehidupan anak kita adalah sebelum anak masuk Sekolah."
Kenapa? Karena pada saat seorang bayi berusia 8 bulan, otaknya memiliki 1000 triliun sambungan syaraf.
Dan pada saat seorang anak berusia 10thn, maka jumlah sambungan syaraf yg 1000 triliun tersebut akan berkurang Menjadi 500 triliun, bahkan jumlahnya bisa kurang dari itu.
Dengan fakta diatas maka artinya adalah : Pengalaman di tahun tahun awal kehidupan seorang anak, akan mempengaruhi pengurangan jumlah sel sel syaraf tersebut.
Tahukah ibu mengapa ini terjadi ?
Karena otak bekarja atas dasar :
Gunakan,... atau kalau tidak, maka .... ia akan hilang.
Mengapa kita harus menumbuhkan minat baca sejak dini?
Anak-anak memiliki kemampuan belajar yang sangat tinggi.
Mereka mudah sekali mempelajari sesuatu yang baru.
Ketika anak-anak kita masih berusia balita (bawah tiga tahun), mereka dengan mudahnya meniru perilaku-perilaku yang mereka lihat di lingkungan tempat mereka tinggal. Hal ini terjadi karena perkembangan otak paling pesat terjadi pada rentang usia 0-6 tahun.
Ketika seorang anak telahir di dunia ini, pertumbuhan otaknya sudah 25%,
ketika mereka berusia 18 bulan sudah mencapai 50%
dan di saat mereka berusia 6 tahun pertumbuhan otak anak mencapai 90%
dan mencapai ukuran maksimal ketika berusia 18 tahun (100%).
Pertumbuhan otak ini seiring juga dengan perkembangan intelektual anak.
50% kemampuan intelektual anak berkembang saat lahir sampai umur 4 tahun, menurun menjadi 30% dalam rentang usia 4 sampai 8 tahun,
dan ketika mereka berusia 8 sampai 18 tahun semakin menurun menjadi 20%.
Betapa sayangnya jika usia-usia emas (golden age) seorang anak berlalu begitu saja tanpa mendapatkan sesuatu yang berarti. Padahal membentuk kebiasaan di usia ini jauh lebih mudah dibanding usia sesudahnya.
Banyak manfaat yang diperoleh anak jika mereka senang membaca buku sejak usia mereka masih sangat muda.
WhatsApp Image 2017-09-18 at 09.01.03.jpeg
Mengapa membaca itu penting?
Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi dari otak manusia dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Paul C. Burns, Betty D. Roe & Elinor P. Ross ( dalam Teaching Reading in Today’s Elementary School ) mengatakan bahwa membaca merupakan suatu proses yang kompleks. Tidak hanya proses membaca itu yang penting tetapi setiap aspek yang ada selama proses membaca juga bekerja dengan sangat kompleks. Ada delapan aspek yang bekerja saat kita membaca, yaitu
1.  aspek sensori,
2.  persepsi,
3.  sekuensial (tata urutan kerja),
4.  pengalaman,
5.  berpikir,
6.  belajar,
7.  asosiasi, dan
8.  afeksi.
Kedelapan aspek ini bekerja secara bersamaan saat kita membaca. Sesungguhnya otak anak mempunyai kapasitas yang sangat luas. Otak kita memiliki sekitar seratus miliar sel otak. Angka yang sangat fantastis! Ini sama dengan dua puluh kali lipat seluruh penduduk dunia. Kemampuan otak yang sangat tinggi ini menjadi tidak berfungsi kalau kita tidak mengembangkannya. Kita mengembangkan otak kalau kita menggunakannya. Sel-sel otak akan saling berhubungan satu sama lain (membentuk koneksi) kalau otak kita gunakan untuk berpikir.
Ketika anak membaca berarti anak sedang menggunakan otaknya untuk berpikir yang membuat sel-sel di otak saling terkoneksi. Semakin sering anak membaca buku maka semakin banyak sel otak yang terkoneksi. Sel-sel otak yang terkoneksi inilah yang membuat anak menjadi cerdas.
UNTUK BAYI DAN BALITA
Mengapa mereka menyukai Buku :
• karena buku bisa dibuka tutup. Buka Tutup. Buka Tutup
• Warna yang cerah dan menarik
• Gambarnya indah
• kertasnya bisa dikunyah 😬 - ngga terlalu keras atau lembut
• Buku berarti sesuatu yang menyenangkan , rhyme-y, suara suara merdu dan menyenangkan
• Saat membaca buku berarti saat untuk bisa dikeloni ibu
Apa yang akan mereka pelajari:
• bagaimana menggunakan buku – dibuka, dan didalamnya kita menemukan cerita
• membaca buku dari kiri ke kanan
• Bahwa ternyata buku dapat menceritakan sebuah kisah
• Bahwa yang namanya cerita ada awal dan akkhir
• Buku adalah bagian normal dan dibutuhkan dalam kehidupan.
Dengan kita melihat rendahnya minat baca anak di Indonesia maka orangtua diluar sana hrs diberikan penyadaran betapa pentingnya membangun kecintaan membaca.
12 Manfaat Membacakan Cerita Untuk Anak
Membacakan cerita bukanlah hal yang sulit. Dengan senang hati anak Anda akan duduk manis begitu Anda bilang, “Waktunya mendengarkan cerita!” Namun jangan salah, membacakan cerita bukanlah kegiatan sampinganyang hanya bisa dilakukan kalau ada waktu luang saja. Berikut ini sekilas ulasan 12 manfaat membacakan cerita untuk anak.
1. Kemampuan Berbahasa Meningkat
Kemampuan berkomunikasi seseorang dipengaruhi oleh kemampuan berbahasanya sejak kecil. Oleh karena itu, dengan membacakan cerita kepada anak dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasanya. Saat dibacakan cerita, anak-anak akan mendengar beragam kosakata, istilah, struktur kalimat, ungkapan dan peribahasa. Terkadang ada beberapa kata di dalam cerita yang belum dikenal anak. Saat itulah orang tua bisa menjelaskan arti dan penggunaan kata-kata baru tersebut pada anak. Pengenalan terhadap beragam elemen bahasa inilah yang akan meningkatkan kemampuan berbahasanya.
2. Kemampuan Mendengar Meningkat
Sebuah penelitian di London, menemukan bahwa dua dari tiga anak berusia dini menginginkan waktu yang lebih banyak untuk mendengar dongeng sebelum tidur. Penelitian tersebut juga memperlihatkan lebih dari 75 % anak ingin orang tua mereka yang membacakannya. Saat dibacakan cerita yang menarik, perhatian anak-anak akan ’tersedot’ pada cerita itu. Dengan mendengarkan, anak belajar bagaimana sebuah kata diucapkan. Ketika mendengar menjadi sebuah kebiasaan, maka dengan sendirinya anak juga belajar berkonsentrasi dan melatih kemampuan logikanya.
Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan Virginia Walter PhD, seorang profesor bidang studi pendidikan dan studi informasi di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, “Pertama kali anak-anak diceritakan isi buku, mungkin mereka tidak menangkap segalanya. Tetapi, saat mereka mendengarnya lagi dan lagi, mereka mulai memperhatikan pola dan urutan cerita.” Jika anak Anda memberikan komentar, pertanyaan atau keesokan harinya anak ingin membahas, itu tandanya anak Anda mendengarkan cerita dengan baik.
3. Kemampuan Berkomunikasi Verbal Meningkat
Topik yang menarik pada cerita dapat memancing anak untuk membahasnya. Dialog yang terjadi antara anak dan orang tua saat membacakan cerita merupakan pengalaman anak dalam berkomunikasi verbal. Dari pengalamannya, ia akan belajar bagaimana bertanya, menanggapi, dan mengungkapkan pendapat. Oleh karena itu, saat membacakan cerita, Anda perlu mengusahakan agar terjadi komunikasi dua arah. Jangan biarkan anak Anda pasif mendengarkan saja sepanjang Anda membacakan cerita. Selingi dengan pertanyaan-pertanyaan ringan yang berhubungan dengan alur cerita atau menggantung kalimat untuk sekedar memancing komentar anak.
4. Kemampuan Konseptual Meningkat
Dongeng dapat memperkenalkan anak pada konsep-konsep baru. Bahkan melalui dongeng, konsep abstrak seperti hormat, sayang dan tolong-menolong dapat dimengerti oleh anak. Kemampuan konseptual anak kemudian akan berpengaruh pada kemampuan anak dalam menyikapi konsep-konsep yang ditemuinya dalam kehidupan nyata. Sebaiknya, Anda memilih buku-buku cerita yang sesuai dengan usia anak sehingga konsep-konsep yang diajarkan dalam buku tersebut sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak Anda. Perlu diingat bahwa anak yang cerdas bukanlah anak yang mengerti segalanya. Anak yang cerdas adalah anak yang mendapat stimulasi tepat sesuai dengan usianya.
5. Kemampuan Memecahkan Masalah Meningkat
Selain dari pengalaman langsung, anak-anak juga dapat belajar dari cerita. Semakin banyak cerita yang didengarnya, semakin banyak pengetahuan anak. Cerita yang dituturkan membuat anak belajar berbagai kejadian, memahami karakter tokoh, mengerti sebab akibat. Hal ini dapat memperluas pengetahuan dan mempertajam logika anak. Dengan pengetahuan yang luas dan kemampuan logika yang baik, anak dapat mengatasi masalahnya sendiri sesuai dengan usianya.
6. Daya Imajinasi dan Kreativitas Bertambah
Cerita anak memiliki ruang imajinasi yang lebih luas daripada cerita untuk usia remaja dan dewasa. Berbagai adegan terasa menegangkan, berbagai karakter dapat saja muncul, berbagai keajaiban pun bisa datang. Saat cerita dibacakan, imajinasi anak akan berjalan sesuai dengan jalan cerita. Imajinasiimajinasi dalam cerita inilah yang dapat memancing imajinasi anak.
Imajiansi anak dapat menumbuhkan jiwa petualang, mendorong anak untuk memandang dunia sebagai tempat yang mengasyikan. Pengembangan daya imajinasi ini penting sebagai dasar pengembangan kreativitas anak.
7. Kecerdasan Emosi (EQ) Meningkat
Daniel Goleman, seorang ahli psikologi yang banyak melakukan penelitian mengenai kecerdasan emosi menyatakan bahwa 80% keberhasilan seseorang di masyarakat ditentukan oleh kecerdasan emosi, dan hanya 20 persen ditentukan oleh kecerdasan otak.
Karakter di dalam cerita anak dapat membawakan beragam emosi sesuai dengan jalan ceritanya. Melalui karakter dalam cerita anak dapat mengetahui apa yang dimaksud sedih, gembira, marah, takut, bingung, dan lain-lain. Bukan hanya dari penampakan visual yang menggambarkan emosi tersebut tapi juga penyebab mengapa orang merasakan, mengendalikan, mengekspresikan dan mengenali emosi tertentu.
8. Nilai Moral Bertambah
Buku cerita yang baik bermuatan nilai moral. Bahkan ajaran moral menjadi inti dari cerita yang disampaikan. Biasanya buku cerita anak menyisipkan nilai moral seperti penghargaan terhadap teman, penghormatan kepada orang tua, menolong sesama, etika bermasyarakat dan lain-lain. Tentu saja, nilai-nilai moral tersebut disampaikan sesuai dengan tahapan perkembangan dan pemahaman anak. Melalui cerita, orang tua dibantu untuk mengajarkan pesan-pesan moral dengan cara yang menyenangkan, tidak memaksa atau mengintimidasi. Dari beberapa cerita yang pesan moralnya tidak diungkap secara gamblang, orang tua dapat membantu anak menemukan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Orang tua juga dapat menyelipkan beberapa pesan moral lain yang relevan dengan jalan cerita.
9. Wawasan Bertambah
Kelebihan buku cerita dibanding buku kategori lainnya, meskipun sama-sama memiliki muatan informasi yang berharga, buku cerita mampu menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang menyenangkan, yaitu melalui cerita. Ketika sebuah informasi disampaikan dengan cara yang menyenangkan, maka informasi tersebut dapat diserap dengan lebih efektif. Dari buku cerita, anak bisa menyerap berbagai informasi. Anak-anak dapat mengetahui apa yang ada di angkasa, beragam perbedaan kebudayaan, mengenai makhluk-makhluk yang ada di bumi, dan lain-lain dengan penyampaian yang lebih mudah dipahami.
10. Pengetahuan Ragam Budaya Bertambah
Anak mungkin saja bingung mendengar temannya yang berbicara dalam bahasa yang berbeda, ia juga mungkin takjub dengan tarian tradisional yang dilihatnya di televisi, bahkan anak juga bisa salah mengartikan perilaku orang lain karena budaya yang berbeda. Pentingnya pengenalan kebudayaan (terutama dalam konteks Indonesia sebagai negara majemuk) sebaiknya dilakukan sejak dini. Buku cerita adalah media yang tepat bagi anak. Melalui buku cerita, anak-anak dapat memahami beragam jenis kebudayaandengan cara yang menyenangkan. Semakin banyak ia membaca buku dari beragam budaya, maka semakin banyak budaya yang dikenalnya. Pengetahuan budaya yang memadai dapat menjadi bekal anak dalam interaksi sosialnya.
11. Mendapatkan Relaksasi Jiwa dan Raga
Saat sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk membacakan dongeng. Dongeng dan kenyamanan merupakan kombinasi yang mampu membuat anak mendapatkan relaksasi jiwa dan raga. Selain itu, anak-anak juga telah dapat mengenali suara orangtuanya sejak dalam kandungan. Maka, kapanpun anak mendengarkan suara orang tuanya, ia akan merasa lebih nyaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak yang dibacakan dongeng sebelum tidur dapat tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik, termasuk pada anak-anak akan mempengaruhi kesiapan mental dan kesegaran fisik pada esok paginya ketika bangun.
12. Keakraban Emosi Antara Orang Tua  dan Anak Meningkat
Keakraban emosi antara orang tua dan anak dapat meningkat dengan membacakan cerita. Saat membacakan cerita, orang tua cenderung berada di samping anak, mengadakan kontak fisik seperti memeluk atau membelai kepala anak. Kontak fisik yang terjadi membuat anak merasa nyaman dan akrab dengan orang tuanya. Saat membacakan cerita terjadi interaksi, transfer nilai, pemahaman dan kesepakatan bersama yang membuat anak merasa dekat secara emosional dengan orangtuanya. Untuk memberikan 12 manfaat membaca cerita di atas, Anda hanya perlu meluangkan waktu limabelas menit sebelum tidur. Selain itu, Anda juga perlu memilih buku cerita yang baik untuk anak Anda.
πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•







Sesi tanya jawab

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

1. Rita_Bandung
πŸ™‹Anak umur mau 9 tahun, perkembangan 30%, untuk bantu  perkembangan otak untuk mengejar seperti tahap golden emas. Ada cara atau masukan?

Jawab :
Memang untuk usia diatas 5 thn.. tidak brarti terlambat atau tidak bisa.. tapi bunda rita harus  lebih extra untuk mengajak ananda bermain,berdiskusi , membaca bareng dg ananda..tdk ada salahnya bunda rita mmbacakan buku untuk ananda.. atau memberi gmbaran ttg buku  yg ananda suka


πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

2. Anin_Kendal
πŸ™‹Bunda, skor IQ anak saya tertinggi di kelasnya..namun utk belajar membaca alphabet malas sekali dan kadang susah fokus dlm mengerjakan tugas. Treatment apa yg sekira tepat utk memaksimalkan potensinya Bunda?terimakasih😊

Alhmdulillah ananda sdh dibekali dengan  nilai  iq tinggi. Bunda anin tinggal mmngasahnya dg berbagai cara.. misalkn mmbuat lagu sederhana, brnyanyi bareng dgn menyebut kosa kata, mmbaca bareng dengan Nanda, dll
Konsentrasi bisa diasah dengan banyak mmbaca buku yg mnarik untuk anak2

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

3 Lia _Kendal
πŸ™‹Assalamu'alaykum..bunda sy mau tanya..anak pertama saya alhamdulillah minat bacanya kuat..skrg umur 6 thn..tapi dia lebih tertarik membaca buku model kkpk (kecil2 punya karya).. berbahayakah? di sisi lain saya ingin dy tertarik dengan buku islami πŸ€”

Jawab :

Wa'alaikumsalam bunda lia.. saya yakin dengan ananda suka membaca kuat... karena bunda lia sudah memberikan kesempatan di lingkungan keluarga untuk suka membaca.. karena karakter suka membaca tidak didapat  dg instan..tapi karena proses mengajarkan membaca sejak usia dini. Untuk jenis buku.. tidak perlu mmbatasi.. selama buku tersebut mmpunyai kualitas yg bagus , dpt mnambh wawasan d imajinasi,kreatif. Selama sesuai karakter anak, mngajak kejujuran,disiplin, berisi sesuatu yang mnggugah ide.. tidak mnjadi masalah. Silahkan ibu mberikan semua yg dibutuhkn anak2.. tanpa perlu un mengetes.. biarkan sel sel otak anak2 kita terhubung .. sehngga banyak terbentuk sinapsis sinapsis yg brmnfaat.πŸ‘πŸ™


πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

Tanggapan :
bunda yanti maaf.. jadi tidak ada masalh ya kita mau memberi atau membacakan buku yg umum.. asal sarat degan pengajaran?

Soalnya sama seperti bunda lia.. saya inginnya anak juga berkarakter islami sedini mungkinπŸ™ˆ

Jawab :
Njih bunda uswah.. diperbolehkan.. asal dg ceria ya.. untuk bayi cukup dg mmbaca 3 suku kata.. dengan diiringi kecerian dan kata2 yg mmberi semangat bayi/anak2 kita.. misal... horeeee anak bunda pinter.. hari ini blajar 3 kosa kata.. sambil dicium

Silahkan jg didengarkan ayat2 quran.. dengan boneka/hp.. tapi jgn ada sinyal dg radiasi yaπŸ™


πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

4. Ratna_Tanjung Enim_Sumsel.

Assalamualaikum
Mau tanya bunda...

Sebaiknya, mulai umur berapa balita kita diajarkan membaca. Membaca disini maksud sy benar2 membaca huruf/kata/kalimat, bukan sekedar kita bacakan/ajak membaca.
Metode apakah yg menurut bunda paling bagus untuk mengajarkan anak membaca, banyak saya baca berbagai macam metode dari mengeja, flashcard, dll...
Mohon pencerahannya.

Terimakasih sebelumnya.

Jawab :
   
Bunda ratna.. dengan metode mengeja.. sebenarnya sudah tidak diperkenankan karena metode itu hanya membuat anak2 bisa baca tetapi tidak suka membaca.., banyak disarankan dengan metode glenn doman atau flash card .. bisa dimulai dari bayi dengan 3 kata dulu tiap pemberian .. 3x sehari.. Karena bayi konsentrasi mati hanya 5 detik saja..
Untuk membahas flashcard / sistem glenn doman perlu waktu khusus untuk mmbahasnya

Bunda ratna.. Belajar membaca bisa diajarkan sejak bayi lahir.. hal ini sdh diterapkan oleh prof.glenn doman.. pakar cedera otak dari philadhelphiaπŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

5. Ani_Palembang
πŸ™‹bagaimana menumbuhkan minat baca pada anak yang berusia 9 tahun? Apakah cukup dengan membelikan buku atau mengulang seperti ketika masih bayi?

Jawab :

Bunda ani.. cukup mengajak/ mengingatkn ananda untuk mmbaca buku bareng.. tentunya bunda Ani diharapkan bisa menghadirkan seri bacaan yang bisa menarik perhatian ananda... krn umur 9 thn sedikit banyak sudah mmbntuk karakter.. πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

6. sekar - semarang
Bagaimana tips praktis menumbuhkan minat baca anak sejak dini? Apakah cukup dengan dikisahkan atau dibacakan cerita saja?

Jawab :
🌷 Bunda sekar... bayi sebenarnya justru sel2 otaknya masih banyak sekali..trilyun an.. jd memang sebaiknya kita segera memanfaatkan sel2 otaknya/ menstimulasi kecerdasannya dengan membacakan buku, mengajak berbicara, bernyanyi, .. tapi memang dengan durasi yang pendek ya..daripada bayi/anak2 kita diajak bercanda dengan kata" duuh.. anak siapa ini.. " ,.. hehe.. malah nanya

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

7.  annisa - solo
bu, saya sudah membiasakan anak2 membaca dari bayi, tp ketika anak saya sudah umur 5y sekarang minat baca nya cenderung menurun. faktor apa saja kira2 yang menyebabkan dan bagaimana mengatasinya?

Jawab :
🌷 Bunda annisa.. terimaksih skali sdh mnstimulasi ananda dg mngajak mmbaca sjk kecil.. semakin cepat diajak mmbaca..maka sinapsisnya akan smakin byk.. shg buku2 yg disediakan bunda kmungkinan besar sdh tdk mnjawab keingin tahuan ananda.. jd bunda annisa perlu menghadirkan buku2 yg lebih dapat mmbantu mnjawab keingintahuan ananda.. , jg sebisa mungkin bunda dpt mnjauhkan ananda dr pengaruh tv/game hp.. jgn sampai ya bunda annisa

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

8. wichda- solo.
Pd gambar d katakan utk menumbuhkan minat baca pd anak bisa sejak bayi baru lahir, yg sy tanyakan bagaimana cara menumbuhkan minat baca yg efektif pada anak yg baru lahir? Dan bagaimana cara mengetahui respon pd bayi newborn ketika d bacakan cerita?
Terimakasih.

Untuk melihat respon bayi kita yg newborn.. tntunya sprti blm ada respon.. tp kita perlu ingat grafik prkmbangan intelektualnya td ya.. bhwa sbnarnya otak,mata, pndengaran.. sdh mulai brkmbang.. bahkan segera kita mnfaatkn sel2 otak nya untuk kita stimulasiπŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

9. angga - sukoharjo
Saya mau tanya, saya ibu 2 anak (2y8m dan 15m), buku apa yang cocok untuk mengenalkan hobi membaca, beberapa kali saya ajak membaca, tp anak ingin membuka buku sendiri kadang kala hanya ingin melihat 1 halaman itu saja jadilah bermain buku,  dan kapan waktu yang tepat untuk membaca buku karena ketika akan tidur biasanya mereka menyusu pada saya bersama sama.

Untuk waktu membacakan buku.. Paling baik memang saat mau tidur.. jadi sembari menyusu kita bisa membacakan buku.. berilah informasi sebanyak banyaknya yang bisa kita berikan.. tanpa boleh mengetes-nya.. πŸ˜πŸ‘πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

10. pujik - solo
Bagaimana teknik membacakan cerita kepada bayi? Sejak usia brp bayi bisa di ceritakan?

☘ Bunda pujik.. seperti pertanyaan sebelumnya.. bahwa bayi diperbolehkn dibacakan buku, diajak ngobrol, bernyanyi.. saya sarankan jangan memberikan .. maaf .. seperti.. kancil
nyolong timun,cinderela.. dll.. krn kita semua bisa liat bahwa tidak ada unsur kejujuran.. tp pinter yg licik.. , untuk cinderella..terungkap kata2 janda.. sodara tiri yg jahat (berperilaku buruk ).. kmungkinan cerita jaman dahulu tersebut..yg mnciptakan org2 indonesia skarang ini.. yg mnghalalkan segala cara untuk mncapai tujuannya, dan prilaku buruk lainnya.. πŸ˜¬πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

11. dwi sugiyarti - sragen
Tanya : anak pertama saya laki2 kelas 1 SD, umur 7 tahun tepat bulan september ini. Kemampuan membaca dan menulis anak saya bisa dikatakan masih sangat lamban dan sering tertinggal dibanding teman2nya sekelas. Setiap hari saya selalu mendapat laporan dari gurunya kalau anak saya tidak menyelesaikan tugas membaca/menulis hari itu. Kira2 stimulus seperti apa yang harus saya berikan agar anak saya bisa meningkat kemampuan membaca/menulisnya? Anak saya tipe visual, susah konsentrasi dan mudah bosan. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih bunda 😊😊

☘ Bunda dwi.. yg perlu kita usahakan adalah usaha kita untuk mndampingi  anak2 kita dlm bermain,belajar dan membaca buku bareng.. anak2 kita akan merasa dekat dg kita.. akan terbentuk rasa nyaman dan aman.. shngga dlm blajar pun gati aksn tenang.. shgngga anak2 akan blajar dg penuh konsentrasi... tv dan hp jgn diberikan ya ..

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

12. Hartati - solo
1.bagaimana menumbuhkan rasa ingin membaca anak ketika anak lebih suka menonton tv dan main game
2.buku dongeng yg bagaimana yg sesuai untuk anak usia 4 th

🌺 Bunda hartati.. monggo hadirkan perpustakaan kecil dipojok ruang kluarga.. matikan tv d jauhkan gadget dari jangkauan anak. Ajaklah ayah/bunda mmbaca koran.. ayah/bunda mmbaca buku dg anak2.. hadirkan buku2 yg lebih menarik dari tv/hp, jd rasa ingin tahu anak akan trjawab πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

13. putri - palur
Bagaimana menumbuhkan minat baca anak usia 20bulan?? Anak perempuan sy aktif sekali. Selama ini sy hanya mmemajang buku2nya di rak di kamar. Biasanya dia buka2 sendiri baca2 sendiri kadg dg epen nya. Bbrapa kali dia sy ajak baca buku gamau.
Minta sarannya ya mba.

Bunda putri.. ajaklah ananda untuk mmbaca bareng ya..dan kemungkinan besar ilmu yg didapat sudah memuaskan ananda .. jadi perlu koleksi dari buku2 yang berisi lebih banyak informasi nya lagi.. anak2 harus diarahkan,diingatkan.. tidak bisa dilepaskan ya.. πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•







14. πŸ™‹ Fitrah - balikpapan

Umur berapa anak mulai diajarkan membaca (bukan dibacakan)? Karena pernah baca artikel utk membaca sendiri utk anak lebih baik terlambat drpd terlalu cepat...

Bagaimana metode belajar membaca yg fun?

Jawab :

🌷 bunda fitrah..bayi/anak itu sebenarnya mmpunyai daya ingat dan daya mengerti yg lbh tinggi dr kita.. hanya wajah mereka blm se expresif kita.. pengalaman sy pribadi.. dengan makin sering dan sedini mungkin dibacakan buku... ternyata anak kami bisa mmbaca buku sndiri..dan sebaiknya seringkali kita mndampingi anak2 dalam mmbaca bareng.. πŸ˜πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

15. Tantrie_Bogor
Mau menanyakan perihal menumbuhkan minat baca pada anak balita.

Saya punya anak usia 3 tahun dan 6 tahun.

Kakaknya karena sejak bayi suka saya bacakan cerita, dia selalu semangat terhadap buku dan minta dibacakan.

Tetapi adiknya karena kinestetik sekali, dia tidak terlalu tertarik membaca.  Dan iri ketika kakaknya dibacakan buku.  Akhirnya dia ambil semua buku yang dipegang kakaknya dan akhirnya agenda membaca tidak jadi.

Pertanyaannya :
Bagaimana menumbuhkan minat baca kepada adiknya agar kebiasaan membaca sebelum tidur bisa saya budayakan lagi di rumah?  

Terima Kasih sebelumnya.
Nb : saya sudah membelikan buku cerita bergambar untuk menumbuhkan rasa tertarik atau membaca dg intonasi.

Jawab :
Bunda tantri.. untuk adek coba diutamkn dulu dibacakan dg ceria/ekspresif.. dan bisa ditanyakan.. adek pengen dibelikan buku apa? ajak adek untuk mmpunyai ide sndiri.. dan dibacakan buku bareng ya.. ajak juga adek untuk mempraktekan apa yg habis dibaca.. atau bisa dg buku  yg ada tambahan penanya.. jadi ada tambahan info dan adek kinestetik jd lbh tertarik.. dan lebih fokus πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•
16. Arum - sukoharjo.
Bunda, sebaiknya kalau kita membacakan buku itu, satu buku efektifnya untuk berapa hari/ kali ya? Apakah setiap malam saat kita membiasakan sesi membaca haris dengan judul yang berbeda. Terima kasih bunda πŸ™‚

Jawab :
Bunda arum.. tdk ada ketentuan khusus untuk 1 malam 1 buku.. yg penting kita baca buku bareng dg ceria..πŸ˜πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

17. πŸ‘©Hajroh_Purwokerto

bagaimana mengubah perilaku anak yang suka berteriak dengan interaksi buku, bahkan kadang kalau marah bukunya juga dibuang, dan menumbuhkan kasih sayang terhadap adiknya yang beda selisih 1,5 tahun?.
Dengan pendekatan buku maksudnya bukan interaksi bukuπŸ˜…

Malam bunda hajroh.. sepertinya kakak lg cemburu dg adek.. jd caper dg teriak tuh.. tdk apa2.. wajar.. coba bunda mncari buku cerita yg mnunjukkan kasih sayang/kehebatan kakak yg sayang dg adek.. ato bunda momong putro dg  melibatkan kakak.. misalnya dg ikut menyiapkn baju adek selesai mandi.. dll.. pasti kakak akn bangga krn mrasa dibutuhkan... πŸ‘πŸ™πŸ»

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

18. Hesti dr Salatiga

1.Mau tanya, apakah pentingnya membaca utk anak usia dini juga harus  diiringi dengan penguasaan skill membaca pada usia itu?

2. Lebih penting manakah antara mengajarkan membaca pada anak usia dini atau memberikan stimulus agar anak suka buku dan aktifitas membaca?

Bunda hestii.. :
1. Mmbaca sesegera mungkin un ananda kita adalah dg mmbacakannya.. bisa sejak bayi.. bhkan orgtua di israel mmbaca d blajar matematika .. sjk anak2 nya di kandungan..trbukti kaan.. org2 israel bs mnguasai hmpir smua bidang di usa...
Dan sangat bagus skali jk ayahbunda mau mmbaca dg ekspresi .. lucu ceria.. d fakta..
2. Sebagai pngalaman pribadi.. dengan sedini mungkin d seserong mmbacakan buku.. trnyata anak2 jadi bisa mmbaca sendiri kata kata yg dibacakan ayahbundanya ( jadi tdk mngajak blajar mmbaca ya... apalagi dg mngeja perhuruf)...,
Perlu jg un usia 2 ato 3 thn ..diajari menulis huruf dlm rangkaian  1 kata un melatik sensori d motorik nya..

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

19. πŸ‘©Vina - Balikpapan

🌸 apa perbedaan membacakan cerita pd jam aktif dgn membacakan cerita saat sebelum tidur?

🌸 apakah anak pd golden age dgn sambungan syaraf yg subhanallah sedemikian banyaknya akan mengerti ketika kita membacakan cerita tidak dengan "bahasa ibu" nya?

Jawab :

Bunda vina
🌸 pada saat jm aktif anak2 kita biasanya mereka keingintahuannya tinggi.. byk yg mnjadi perhatiannya.. jd trkadang kurang konsrntrasi dg 1 hal..
Sedangkan saat akan tidur.. otak manusia brada dlm kondisi santai.. sehingga gampang bgt un diberikan informasi yg justru akan lngsung dpt diterima ...trmasuk menasehati.. dikala siang td ada pristiwa dg ananda

🌸 bisa banget bunda.. sbagai contoh .. lagu2 yg prnah dinyanyikan ke kita/doa2 yg diperdengark.. trnyata pd saat kita punya anak .. kluar dg sendirinya lagu2 yg diberikan orgtua kekita.. d kita nyanyikan ke anak2..contohnya lagu nina bobok... apakah ada yg mngajari kita  lagu nina bobok  saat kita mngandung... terbukti kan...

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•
πŸ‘© tanggapan dari bunda nia-grup relay

Bunda, bagaimana jika anak tetap diberi gadget beberapa waktu tapi tetap diawasi dan diberikan informasi oleh kita sebanyak-bnyaknya dari apa yang ditampilkan? Misalnya anak diperlihatkan video ttg aneka warna. Lalu kita dampingi dan turut serta mengajarinya dgn bahasa kita sendiri. Atau sedang membuka permainan bercocok tanam, kita dampingi sembari kita beri penjelasan mengenai apa itu menanam, kalau sudah waktunya tanaman perlu dipanen, kemudian hasil panen kita olah menjadi berbagai macam produk. Bagaimana pendapat bunda mengenai ini? Maaf agak sedikit melenceng dr tema membaca. Terima kasih, bunda.. fyi anak saya usia 2th4bln laki2

Jawaban bunda Rahayu:
Boleh bgt bunda nia.. hanya untuk gadget atau tv.. mempunyai dampak radiasi dan karen brgerak dg cepat.. dapat mnyebabkan lazy eye.. atau malas mmbaca.. jadi kita yg harus bener2 yg extra disiplin dlm mnfaatkan itu.. jk buku yg brkualitas ..yg penuh dg gambar2 warnawarni.. ada pena yg mnmbah ilmu.. tentu anak2 akan lupa dg gadget ato tv.. πŸ˜πŸ™πŸ»

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

πŸ‘©mega- boyolali
Assalamualaikum bunda. Perkenalkan saya Mega dari Boyolali mau ikut bertanya. Baby saya usia 5m bund, setiap kali saya ceritakan dia ikut heboh seperti ikut bercerita. Ceritanya saya karang sendiri hehe. Terus tertawa rame gitu. Yang ingin saya tanyakan bunda, tadi saya baca kalau bayi itu fokusnya hanya 5 detik.
1. Baiknya kalau membacakan cerita itu sehari berapa kali bund? Atau sesering mungkin?
2. Apa alasan waktu yg tepat membaca itu sebelum tidur dan saat menyusui?

Jawaban bunda Rahayu:  
Waaaaooow.. bunda mega ibu yg kareeen... memang dlm membacakan buku atau ngobrol dg bayi/anak2 kita.. kita harus heboh.. hrs " kemayu" dg kluarga.. πŸ‘ bayi mmng konsen mata hanya sekitar 5 detik dan akan terus tambah waktu konsentrasi, tetapi telinga dan otak akan tetap merespon, jadi tidak perlu kawatir dg reflect  matanya. Dalam membacakan bukupun sebenarnya untuk bayi.. sedikit demi sedikit dan sesering mungkin.. dan bunda yg mengerti kondisi/situasi anak2 kita.. selama mereka terlihat senang... lanjut aja... Pada saat sblm tidur ... otak kita semua dlm kondisi siap menerima apapun.. walau mata sdh tutup.. di saat itu bunda bisa  brcerita .. mmnjatkan doa ananda.. mnasehati mereka , berdoa brharap mereka jd yg trbaik.. dg mengelus kepala.. punggung.. mereka ak merasakannya dan trkadang.. mereka merespon dg menganggukkan kpala.. walau mata sdh terpejam.. berlaku jg untuk suami kitaπŸ˜πŸ™

πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•

Tanggapan dari Putri

Bagaimana melepaskan scr perlahan anak yg sdh terpapar televisi??
Bagaimana posisinya mengajak anak membaca sbelum tidur, apakah tdk apa membaca sambil tiduran begtu bund??
Maaf bund pertanyaan nya banyak..

Saat mau tidur biasanya juga tdk lama.. jadi syah2 aja.. , untuk yg kecanduan tv.. sebaiknya tv dimatikan.. cabut kabelnya.. gantilah dg buku2 yg berkualitas yg lebih menarik dari tv.. OkπŸ˜πŸ™


πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•πŸ“–πŸ“•


Penutup

1. Jangan ada lagi bentakan ke buah hati kita.. kita harus bersabar.. ajaklah anak untuk berdiskusi berbagai hal.. anak2 akan sangat bisa mengerti jika kita sabar dan menggunakan kata2 yang sederhana                        
2. Tidak ada kepandaian karena keturunan.. tetapi semua adalah usaha orangtua untuk menjadikan anak akan seperti apa,
3. Susu yg mahal tidak menjadikan anak pintar.. tetapi stimulasi sejak dini adalah hal terpenting dari gizi semahal apapun.. tetapi tetap kita jaga kesehatan diri di keluarga.


πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•

Komentar

Postingan Populer