Definisi teori, model, metode, strategi, pendekatan, teknik dan taktik menurut berbagai ahli
eDEFINISI TEORI, MODEL, METODE, STRATEGI, PENDEKATAN, TEKNIK, DAN TAKTIK
No
|
Kata yang didefinisikan
|
Definisi menurut Kamus Bahasa Indonesia
|
Definisi menurut para ahli
|
Definisi dikaitkan dengan pembelajaran
|
1
|
Teori
|
1)
Pendapat yg didasarkan pd penelitian
dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi;
2)
Penyelidikan eksperimental yg mampu
menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi;
3)
Asas dan hukum umum yg menjadi dasar
suatu kesenian atau ilmu pengetahuan ;
4)
Pendapat, cara, dan aturan untuk
melakukan sesuatu.
|
#Labovitz
dan Hagedorn
Teori sebagai ide pemikiran
“pemikiran teoritis” yang mereka definisikan sebagai “menentukan” bagaimana
dan mengapa variable-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling
berhubungan.
# Ismaun
mengemukakan bahwa teori adalah pernyataan yang
berisi kesimpulan tentang adanya keteraturan subtantif
#JONATHAN H. TURNER Teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi #LITTLE JOHN & KAREN FOSS Teori merupakan sebuah sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebut yang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena #KERLINGER Teori adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang mengandung suatu pandangan sistematis dari suatu fenomena. 1 |
|
|
Model
|
1)
Pola (contoh, acuan, ragam, dsb) dr
sesuatu yg akan dibuat atau dihasilkan;
2)
Orang yg dipakai sbg contoh untuk
dilukis (difoto);
3)
Orang yg (pekerjaannya) memperagakan
contoh pakaian yg akan dipasarkan;
4)
Barang tiruan yg kecil dengan bentuk
(rupa) persis spt yg ditiru.
|
1)
Departemen P dan K (1984:75)
Model adalah pola (contoh, acuan,
ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan.
2)
Simamarta, 1983: ix – xii
Model adalah abstraksi dari sistem
sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat
prosentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari
realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan
sebenarnya. 2
3)
Marx
Suatu analog konseptual yang
digunakan untuk menyarankan bagaimana meneruskan penelitian empiris sebaiknya
tentang suatu masalah. 2
4)
Murty,
et al (1990)
Suatu representasi yang memadai dari
suatu sistem, dan dikatakan memadai jika telah sesuai dengan tujuan dalam
pikiran peneliti.
5) Gordon ( 1978 )
Suatu kerangka utama informasi sistem
yang dikumpulkan untuk mempelajari sistem tersebut. 3
|
1)
Akhmad Sudrajat (2008)
Model pembelajaran pada
dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir
yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran
merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan
teknik pembelajaran. 4
2)
Soekamto (1993)
Model
adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu,
dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para
pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. 5
3)
Winataputra dalam Sugiyanto
(2008)
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur
yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai
tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para pencanang
pembelajaran dan para pengajar dalam mencanangkan dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran. 6
4)
Joyce
dan Marsha Weil’s (1980)
Model pembelajaran adalah suatu
rancangan atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum
(pembelajaran dalam jangka waktu lama), untuk mendesain bahan-bahan
pembelajaran dan untuk mengarahkan guru mengajar serta setting lainnya di
dalam kelas. 7
5)
Agus
Suprijono (2011:46)
Pola yang digunakan sebagai
pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelompok maupun tutorial. 8
|
|
Metode
|
1)
Cara teratur yg digunakan untuk
melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dng yg dikehendaki; cara
kerja yg bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai
tujuan yg ditentukan;
2)
Ling sikap sekelompok sarjana thd
bahasa atau linguistik, msl metode preskriptif, dan komparatif;
3)
Prinsip dan praktik pengajaran
bahasa, msl metode langsung dan metode terjemahan.
|
1)
Pasaribu
dan simanjutak (1982)
Cara sistematik yang digunakan
untuk mencapai tujuan.9
2)
Menurut Anthony (1963)
Metode adalah rencana keseluruhan untuk penyampaian materi tentang bahasa
yang berurutan, tidak ada satu bagian pun yang bertentangan, dan semuanya
berdasarkan kepada pendekatan tertentu.5
3)
Depag
RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam (2001:19)
Metode berarti cara kerja yang
bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan
yang ditentukan.
4)
WJS.
Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999:767)
Metode adalah cara yang telah
teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.
5)
Djamaluddin
dan Abdullah Aly dalam Kapita Selekta Pendidikan Islam,
(1999:114)
berasal dari kata meta berarti
melalui, dan hodos jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui
untuk mencapai suatu tujuan.10
|
1)
Akhmad
Sudrajat (2008)
Cara yang digunakan untuk mengimplementasikan
rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk
mencapai tujuan pembelajaran. 4
2)
Poltekkes
Palangkaraya
Cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata
dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.11
3)
Menurut
Nana Sudjana (2005: 76)
Cara yang dipergunakan guru dalam
mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”.
4)
M.
Sobri Sutikno (2009: 88)
Cara-cara menyajikan materi
pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada
diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”. 12
5)
Ruseffendi
(1980)
Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah, ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.13 |
|
Strategi
|
1)
Ilmu dan seni menggunakan semua
sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dl
perang dan damai;
2)
Ilmu dan seni memimpin bala tentara
untuk menghadapi musuh dl perang, dl kondisi yg menguntungkan;
3)
Rencana yg cermat mengenai kegiatan
untuk mencapai sasaran khusus;
4)
Tempat yg baik menurut siasat perang.
|
1)
Badan Pendidikan dan Pelatihan Jawa Timur
(2013)
Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan den
sasaran organisasi yang dijabarkan ke dalam kebijakan-kebijakan dan
program-program.
2)
Strategi adalah merupakan faktor terpenting
dalam proses perencanaan stratejik, sebab strategi merupakan suatu rencana
yang menyeluruh den terpadu mengenai upaya mewujudkan tujuan dan sasaran
dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya organisasi dan keadaan
lingkungan yang dihadapi. 14
|
1)
Poltekkes
Palangkaraya
Pendekatan yang menyeluruh dalam sebuah sistem
pembelajaran dalam bentuk pedoman dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan
umum pembelajaran.11
2)
Soedjadi
(1999 :101)
Strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan
kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi
pembelajaran yang diharapkan.
3)
Ruseffendi
(1980)
Strategi pembelajaran adalah separangkat
kebijaksanaan yang terpilih, yang telah dikaitkan dengan faktor yang
menetukan warna atau strategi tersebut, yaitu : a. Pemilihan materi pelajaran
(guru atau siswa) b. Penyaji materi pelajaran (perorangan atau kelompok, atau
belajar mandiri) c. Cara menyajikan materi pelajaran (induktif atau deduktif,
analitis atau sintesis, formal atau non formal) d. Sasaran penerima materi
pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen, atau homogen. 13
4)
Sanjaya,
(2007 : 126)
Perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan
yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 15
5)
Kemp (1995) menyatakan bahwa
strategi adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan
siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. 20
|
|
Pendekatan
|
1)
Proses, cara, perbuatan mendekati
(hendak berdamai, bersahabat, dsb) .
2)
Antr usaha dl rangka aktivitas
penelitian untuk mengadakan hubungan dng orang yg diteliti, metode untuk
mencapai pengertian tt masalah penelitian.
|
Menurut Anthony (1963)
Pendekatan
adalah satu set asumsi korelatif yang berhubungan dengan sifat belajar
mengajar bahasa. 5
|
1)
Akhmad
Sudrajat (2008)
Pendekatan
pembelajaran dapat diartikan sebagai
titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang
merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih
sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari
metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. 4
2)
Russefendi
(1980)
Pendekatan Pembelajaran adalah
jalan atau arah yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan
pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan. Misalnya memahami suatu
prinsip dengan pendekatan induktif atau deduktif.13
3)
Pendekatan pembelajaran merupakan
jalan yang akan ditempuh oleh
guru dan
siswa dalam mencapai tujuan
instructional
untuk suatu satuan
instruksional tertentu.16
Pendekatan pembelajaran
merupakan
aktifitas guru dalam memilih
kegiatan
pembelajaran. 16
|
|
Teknik
|
1)
Pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yg
berkenaan dng hasil industri (bangunan, mesin
2)
Cara (kepandaian dsb) membuat atau melakukan
sesuatu yg berhubungan dng seni;
3)
Metode atau sistem mengerjakan sesuatu
|
1)
Menurut Anthony (1963) teknik adalah cara yang dilakukan
seseorang di dalam kelas untuk mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik dan memiliki keselarasan dengan pendekatan.5
2)
Teknik
atau rekayasa adalah penerapan
ilmu dan teknologi
untuk menyelesaikan permasalahan manusia.17
|
1)
Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan
seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang
relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis
akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya
terbatas.4
2)
Cara yang dilakukan seseorang dalam
mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Istilah lain dari teknik
pembelajaran adalah keterampilan pembelajaran. 11
3)
Russefendi
(1980)
Teknik mengajar adalah penerapan secara khusus suatu
metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan
guru, ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik
mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang. 13
4)
Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam
mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.18
|
|
Cara
|
1)
Jalan (aturan, sistem) melakukan
(berbuat dsb) sesuatu;
2)
Gaya; ragam (spt bentuk, corak);
3)
Adat kebiasaan; perbuatan (kelakuan)
yg sudah menjadi kebiasaan;
4)
Bahasa; logat (dialek);
5)
Jalan yg harus ditempuh;
6)
Usaha; ikhtiar.
|
|
|
|
Taktik
|
1)
Rencana atau tindakan yg bersistem
untuk mencapai tujuan; pelaksanaan strategi; siasat;
2)
Muslihat.
|
E. Stones and S. Morris dalam Mangal (2009) menyatakan bahwa taktik adalah perilaku pengajar
yang mempengaruhi, dipengaruhi, dan memiliki tujuan.4
|
Akhmad Sudrajat (2008)
Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan
metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. 4
|
Daftar pustaka:
1 Sandy, Utomo Priyo. 2012. Pengertian
Teori. Diunduh pada 17 September 2013 dari http://putama.blogspot.com/2012/11/pengertian-teori.html
2 Wahid,Abdul. Pengertian Model.
Diunduh pada 18 September 2103 dari http://www.damandiri.or.id/file/abdwahidchairulahunairbab2.pdf
3 Pudji Setiawati, Elsa. Penyusunan
Model. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/09/penyusunan_model.pdf
4 Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan
Model Pembelajaran. Diunduh pada 18 September
2008 dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/
5 Mulia, Fuji. 2010. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model. Diunduh pada 18 September 2012 pada http://www.trigonalworld.com/2010/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html
6 Wahyono, Budi. 2012. Definisi dan Jenis Model Pembelajaran. Diunduh pda
19 September 2012 dari http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/definisi-dan-jenis-model-pembelajaran.html
7 Faiq, Muhammad. 2012. Definisi Model Pembelajaran. Diunduh pada 19
Desember 2013 dari http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/12/definisi-model-pembelajaran.html
8 Eprint UNY. Pengertian Model Pembelajaran. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://eprints.uny.ac.id/7623/3/bab%202%20-%2008108244155.pdf
9 Yasin, Sanjana. Pengertian Metode
Menurut Para Ahli . Diunduh pada 18 September 2013 dari http://www.sarjanaku.com/2012/04/pengertian-metode-menurut-para-ahli.html
10 Mulyana, Aina. 2012. Pengertian Metode Pembelajaran dan Jenisnya.
Diunduh pada 19 September 2013 dari http://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html
11 Poltekkes Palangkaraya. 2013. Ringkasan Pengertian Model Pembelajaran.
Diunduh pada 19 September 2013 http://poltekkes-palangkaraya.ac.id/ringkasan-pengertian-model-pembelajaran
12 Khoirotunnisa, Neza. 20120. Definisi Metode dan Model Pembelajaran.
Diunduh pada 18 September 2013 dari http://neza-khoirotunnisa.blogspot.com/2012/09/definisi-metodemodelpembelajaran.html
13 M-Edukasi. 2013. Istilah-Istilah dalam Pembelajaran. Diunduh pada 19
Septemberi 2013 dari http://www.m-edukasi.web.id/2013/02/istilah-istilah-dalam-pembelajaran.html
14 BandiklatJatim. 2013. Strategi dan Program. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://www.bandiklatjatim.go.id/profil-diklat/strategi-progrram Wilis Dahar, Ratna. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
15 Rohman, Hipni. 2011. Definisi/Pengertian Strategi Pembelajaran. Diunduh
pada 19 September 2013 dari http://hipni.blogspot.com/2011/09/definisi-pengertian-strategi.html
18 Fajar, Ibnu. 2012. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://www.ibnufajar75.com/2012/02/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html
20 Sanjaya, Wina. 2010. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
thank u so much.i really need this for my task
BalasHapuskalau boleh ngasih saran nih, jangan pakai tabel. kalaupun menggunakan tabel, baiknya table-head nya ditambah, soalnya agak susah (menurut saya nih) melihat isi sebuah kolom tabel termasuk ke golongan mana.
sekian..
sekali lagi, terima kasih