Definisi teori, model, metode, strategi, pendekatan, teknik dan taktik menurut berbagai ahli




eDEFINISI TEORI, MODEL, METODE, STRATEGI, PENDEKATAN, TEKNIK, DAN TAKTIK
No
Kata yang didefinisikan
Definisi  menurut Kamus Bahasa Indonesia
Definisi menurut para ahli
Definisi dikaitkan dengan pembelajaran
1
Teori
1)        Pendapat yg didasarkan pd penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi;
2)        Penyelidikan eksperimental yg mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi;
3)        Asas dan hukum umum yg menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan ;
4)        Pendapat, cara, dan aturan untuk melakukan sesuatu.

#Labovitz dan Hagedorn
Teori sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka definisikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling berhubungan.

# Ismaun
mengemukakan bahwa teori adalah pernyataan yang berisi kesimpulan tentang adanya keteraturan subtantif

#JONATHAN H. TURNER
Teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi

#LITTLE JOHN & KAREN FOSS
Teori merupakan sebuah sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebut yang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena

#KERLINGER
Teori adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang mengandung suatu pandangan sistematis dari suatu fenomena.
1


Model
1)        Pola (contoh, acuan, ragam, dsb) dr sesuatu yg akan dibuat atau dihasilkan;
2)        Orang yg dipakai sbg contoh untuk dilukis (difoto);
3)        Orang yg (pekerjaannya) memperagakan contoh pakaian yg akan dipasarkan;
4)        Barang tiruan yg kecil dengan bentuk (rupa) persis spt yg ditiru.
1)    Departemen P dan K (1984:75)
Model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan.
2)    Simamarta, 1983: ix – xii
Model adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat prosentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan sebenarnya. 2  
3)    Marx
Suatu analog konseptual yang digunakan untuk menyarankan bagaimana meneruskan penelitian empiris sebaiknya tentang suatu masalah. 2
4)   Murty, et al (1990)
Suatu representasi yang memadai dari suatu sistem, dan dikatakan memadai jika telah sesuai dengan tujuan dalam pikiran peneliti.
5)    Gordon ( 1978 )
Suatu kerangka utama informasi sistem yang dikumpulkan untuk mempelajari sistem tersebut. 3



1)        Akhmad Sudrajat (2008)
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. 4
2)        Soekamto (1993)
Model adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. 5
3)        Winataputra dalam  Sugiyanto (2008)
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para pencanang pembelajaran dan para pengajar dalam mencanangkan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran. 6
4)        Joyce dan Marsha Weil’s (1980)
Model pembelajaran adalah suatu rancangan atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (pembelajaran dalam jangka waktu lama), untuk mendesain bahan-bahan pembelajaran dan untuk mengarahkan guru mengajar serta setting lainnya di dalam kelas. 7
5)        Agus Suprijono (2011:46)
Pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelompok maupun tutorial. 8

Metode
1)        Cara teratur yg digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dng yg dikehendaki; cara kerja yg bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yg ditentukan;
2)        Ling sikap sekelompok sarjana thd bahasa atau linguistik, msl metode preskriptif, dan komparatif;
3)        Prinsip dan praktik pengajaran bahasa, msl metode langsung dan metode terjemahan.
1)        Pasaribu dan simanjutak (1982)
Cara sistematik yang digunakan untuk mencapai tujuan.9
2)        Menurut Anthony (1963)
Metode adalah rencana keseluruhan untuk penyampaian materi tentang bahasa yang berurutan, tidak ada satu bagian pun yang bertentangan, dan semuanya berdasarkan kepada pendekatan tertentu.5  
3)        Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam (2001:19)
Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
4)         WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999:767)
Metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.
5)        Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam  Kapita Selekta Pendidikan Islam, (1999:114)
 berasal dari kata meta berarti melalui, dan hodos jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan.10  
1)        Akhmad Sudrajat (2008)
Cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. 4
2)        Poltekkes Palangkaraya
Cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.11  
3)        Menurut Nana Sudjana (2005: 76)
Cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”.
4)        M. Sobri Sutikno (2009: 88)
Cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”. 12
5)        Ruseffendi (1980)
Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah, ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.13

Strategi
1)        Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dl perang dan damai;
2)        Ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dl perang, dl kondisi yg menguntungkan;
3)        Rencana yg cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus;
4)        Tempat yg baik menurut siasat perang.
1)        Badan Pendidikan dan Pelatihan Jawa Timur (2013)
Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan den sasaran orga­nisasi yang dijabarkan ke dalam kebijakan-kebijakan dan program-program.

2)        Strategi adalah merupakan faktor terpenting dalam proses perencanaan stratejik, sebab strategi merupakan suatu renca­na yang menyeluruh den terpadu mengenai upaya mewujudkan tujuan dan sasaran dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya organisasi dan keadaan lingkungan yang dihadapi. 14



1)        Poltekkes Palangkaraya
Pendekatan yang menyeluruh dalam sebuah sistem pembelajaran dalam bentuk pedoman dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran.11  
2)        Soedjadi (1999 :101)
Strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi pembelajaran yang diharapkan.
3)        Ruseffendi (1980)
Strategi pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih, yang telah dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau strategi tersebut, yaitu : a. Pemilihan materi pelajaran (guru atau siswa) b. Penyaji materi pelajaran (perorangan atau kelompok, atau belajar mandiri) c. Cara menyajikan materi pelajaran (induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau non formal) d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen, atau homogen. 13
4)        Sanjaya, (2007 : 126)
Perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 15
5)        Kemp (1995) menyatakan bahwa strategi adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. 20

Pendekatan
1)        Proses, cara, perbuatan mendekati (hendak berdamai, bersahabat, dsb) .
2)        Antr usaha dl rangka aktivitas penelitian untuk mengadakan hubungan dng orang yg diteliti, metode untuk mencapai pengertian tt masalah penelitian.
Menurut Anthony (1963)
Pendekatan adalah satu set asumsi korelatif yang berhubungan dengan sifat belajar mengajar bahasa. 5






1)        Akhmad Sudrajat (2008)
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. 4
2)        Russefendi (1980)
Pendekatan Pembelajaran adalah jalan atau arah yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan induktif atau deduktif.13  
3)        Pendekatan pembelajaran merupakan
jalan yang akan ditempuh oleh guru dan
siswa dalam mencapai tujuan instructional
untuk suatu satuan instruksional tertentu.16
Pendekatan pembelajaran merupakan
aktifitas guru dalam memilih kegiatan
pembelajaran. 16

Teknik
1)    Pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yg berkenaan dng hasil industri (bangunan, mesin
2)    Cara (kepandaian dsb) membuat atau melakukan sesuatu yg berhubungan dng seni;
3)    Metode atau sistem mengerjakan sesuatu



1)        Menurut Anthony (1963) teknik adalah cara yang dilakukan seseorang di dalam kelas untuk mengimplementasikan suatu metode secara spesifik dan memiliki keselarasan dengan pendekatan.5

2)        Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia.17  






1)        Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.4  
2)        Cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Istilah lain dari teknik pembelajaran adalah keterampilan pembelajaran. 11
3)        Russefendi (1980)
Teknik mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang. 13
4)        Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.18  

Cara
1)        Jalan (aturan, sistem) melakukan (berbuat dsb) sesuatu;
2)        Gaya; ragam (spt bentuk, corak);
3)        Adat kebiasaan; perbuatan (kelakuan) yg sudah menjadi kebiasaan;
4)        Bahasa; logat (dialek);
5)        Jalan yg harus ditempuh;
6)        Usaha; ikhtiar.



Taktik
1)        Rencana atau tindakan yg bersistem untuk mencapai tujuan; pelaksanaan strategi; siasat;
2)        Muslihat.
E. Stones and S. Morris dalam Mangal (2009) menyatakan bahwa taktik adalah perilaku pengajar yang mempengaruhi, dipengaruhi, dan memiliki tujuan.4
Akhmad Sudrajat (2008)
Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. 4


Daftar pustaka:
1 Sandy, Utomo Priyo. 2012. Pengertian Teori. Diunduh pada 17 September 2013 dari http://putama.blogspot.com/2012/11/pengertian-teori.html

2 Wahid,Abdul. Pengertian Model. Diunduh pada 18 September 2103 dari http://www.damandiri.or.id/file/abdwahidchairulahunairbab2.pdf

3 Pudji Setiawati, Elsa. Penyusunan Model. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/09/penyusunan_model.pdf

4 Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran. Diunduh pada 18 September 2008 dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/

5 Mulia, Fuji. 2010. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model. Diunduh pada 18 September 2012 pada http://www.trigonalworld.com/2010/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html

 

6 Wahyono, Budi. 2012. Definisi dan Jenis Model Pembelajaran. Diunduh pda 19 September 2012 dari http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/definisi-dan-jenis-model-pembelajaran.html

7 Faiq, Muhammad. 2012. Definisi Model Pembelajaran. Diunduh pada 19 Desember 2013 dari http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/12/definisi-model-pembelajaran.html

8 Eprint UNY. Pengertian Model Pembelajaran. Diunduh pada 19 September 2013 dari  http://eprints.uny.ac.id/7623/3/bab%202%20-%2008108244155.pdf

 

9 Yasin, Sanjana. Pengertian Metode Menurut Para Ahli . Diunduh pada 18 September 2013 dari http://www.sarjanaku.com/2012/04/pengertian-metode-menurut-para-ahli.html

10 Mulyana, Aina. 2012. Pengertian Metode Pembelajaran dan Jenisnya. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-metode-pembelaaran-dan.html

11 Poltekkes Palangkaraya. 2013. Ringkasan Pengertian Model Pembelajaran. Diunduh pada 19 September 2013 http://poltekkes-palangkaraya.ac.id/ringkasan-pengertian-model-pembelajaran

12 Khoirotunnisa, Neza. 20120. Definisi Metode dan Model Pembelajaran. Diunduh pada 18 September 2013 dari http://neza-khoirotunnisa.blogspot.com/2012/09/definisi-metodemodelpembelajaran.html

13 M-Edukasi. 2013. Istilah-Istilah dalam Pembelajaran. Diunduh pada 19 Septemberi 2013 dari http://www.m-edukasi.web.id/2013/02/istilah-istilah-dalam-pembelajaran.html

14 BandiklatJatim. 2013. Strategi dan Program. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://www.bandiklatjatim.go.id/profil-diklat/strategi-progrram Wilis Dahar, Ratna. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.


15 Rohman, Hipni. 2011. Definisi/Pengertian Strategi Pembelajaran. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://hipni.blogspot.com/2011/09/definisi-pengertian-strategi.html


17 Wikipedia. 2013. Teknik. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik

18 Fajar, Ibnu. 2012. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Diunduh pada 19 September 2013 dari http://www.ibnufajar75.com/2012/02/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html



20 Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Komentar

  1. thank u so much.i really need this for my task
    kalau boleh ngasih saran nih, jangan pakai tabel. kalaupun menggunakan tabel, baiknya table-head nya ditambah, soalnya agak susah (menurut saya nih) melihat isi sebuah kolom tabel termasuk ke golongan mana.
    sekian..
    sekali lagi, terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer